Home » , » Makin Asyik Bermain dengan Stik PS3 di Android-mu

Makin Asyik Bermain dengan Stik PS3 di Android-mu

Written By Unknown on Rabu, 01 Oktober 2014 | 10.33

Bermain game di smartphone android pastilah mengasikkan. Tapi tetap saja ada perbedaan yang dirasakan bagi sebagian gamer antara bermain di layar touchscreen dibanding menggunakan tombol yang bisa ditekan secara fisik. Yang paling agak menganggu pastinya saat memainkan game emulator seperti PSP, PS1, atau Nintendo terkadang ada saja game yang mengharuskan menekan 2 tombol atau lebih secara bersamaa. Seringkali jari kita terpeleset dan menekan tombol yang tidak semestinya. Parahnya lagi tombol yang kita tekan merupakan tombol milik tetangga. wkwkwkwk

Satu solusi yang bisa dipakai yaitu dengan menggunakan gamepad exsternal atau bisa juga dengan controller dualshock 3 a.k.a stik PS3.


Dualshock 3 diperkenalkan oleh Sony pada tahun 2007 di ajang Tokyo Game Show. Controller ini sejatinya menggantikan Sixaxis yang digunakan sebagai controller PS3 sebelumnya. Dualshock 3 mendukung fitur getar (vibration) yang pada Sixaxis tidak disematkan.


Kembali ke topik. Ane bakal share cara menggunakan stik PS3 biar bisa kalian gunakan untuk bermain di android kalian. Bagi yang belum punya stiknya, silahkan minjem punya temen atau beli di toko terdekat.

UCIL : emang harga stik PS3 berapaan kak??

Macem-macem sih, kan ada jenisnya juga. Ada yang Ori Mesin, Ori Pabrik, KW, dll. Tapi rata-rata untuk yang KW/ori pabrik harganya berkisar antara 100-150 ribu rupiah. Meski ada juga penjual yang mematok harga diatas itu. Ane sendiri dulu beli yang Ori Pabrik dapet harga 135 ribu. hehe
Sedangkan yang Ori Mesin (kualitas nomer wahid) harganya lebih mahal bisa dua kali lipatnya. Tapi tentunya kualitasnya juga diatas yang KW.

UCIL : Anu, misalkan klo minjem stik temen nanti stiknya abis buat ginian tetep bisa dipake di PS3 kan??

Iya tenang aja. Tinggal colokin stiknya lewat kabel data ke PS3, tu stik masih bisa dipake di PS3 kok.

UCIL : Soal hape, klo Samsul Galaxy Bimasakti 7 bisa gak??

Asal ada fitur bluetoothnya kayaknya sih semua HH android, merk China sekalipun support aplikasi sixaxis. dan satu lagi.. Harus sudah di-ROOT. Tapi biar lebih yakin, kalian bisa install dulu aplikasi "Sixaxis Compatibility Checker" (free di playstore)

UCIL : Oke kakak ayo mulai tutornya :3

Nah, Langsung aja kita mulai tutorialnya.

Setelah sudah ada stik PS3 entah itu ori maupun KW, hal lain yang diperlukan adalah sebuah pc (gak harus punya sendiri, pc warnet juga bisa asal gak diblok ama abang2 op'a. haha). Lalu kalian juga harus mendownload software Sixaxis Pairtool (untuk PC) dan Sixaxis Controller (untuk HH android kalian)

UCIL :Download dimana tu bahannya??

Nih, Silahkan didownload Sixaxis Controller dan Sixaxis Pairtool Sepaket lewat link dibawah (pilih salah satu)

Download via FB Server

Download via 4shared

Download via Tusfile

Download via Uppit

Download via Rghost



UCIL :Oke kakak, udah disedot nih barusan. Trus gimana lanjutannya..
 
Ekstrak file zip yang tadi didownload lalu install Software Sixaxis Pair Tool di PC dan Sixaxis Controller di HH android.

Pertama kalian harus mengetahui bluetooth address dari android kalian. Caranya ada 2.

Pertama dengan menyalakan bluetooth lalu kalian lihat di setting > about phone > status > bluetooth address


Cara kedua dengan Sixaxis Pair Tool klik pilihan Start dan nanti bluetooth address akan terlihat disebelah bawah.

Setelah tahu bluetooth address HH android kalian, catat biar tidak lupa. sekarang kita beralih ke PC. Buka software Sixaxis Pair Tool. Tampilannya seperti dibawah :



 Tancapkan Stik PS3 ke PC melalui kabel USB (pke kabel data hp china asal colokannya sama juga bisa).


Nanti dia bakal mendeteksi bluetooth address dan nonggol angka/huruf di sebelah Current Master. Tinggal kalian masukkan bluetooth address yang tadi dicatat di kolom Change Master dan Klik "Update".



Lepaskan kabel data dari stik kalian. Sekarang kembali ke HH. Buka Aplikasi Sixaxis Controller. Silahkan pencet pilihan START terlebih dulu dan juga tombol "PS" di stik PS3 (tombol yang ada ditengah antara analog L dan R).

Tandanya sudah terhubung yaitu seperti di SS dibawah ada bacaan seperti SS dibawah



Dan juga lampu indikator di stik PS3 kalian menyala hanya 1 buah. Langkah terakhir tinggal kalian ubah input method melalui pilihan "Change IME"  menjadi Sixaxis Controller.

Setelah itu masuk setting sixaxis. pencet Menu > Preferences > Gamepad Settings > Enable Gamepad (centang).

Kini kalian bisa menggunakan stik PS3 untuk bermain game emulator dan beberapa game android.



UCIL : Aduh ini kok belum bisa konek, di sixaxis ada bacaan fake controller n lampu stik PS3 nyala semua gak mau mati.

Ane kadang juga ngalamin gitu. Tenang aja gak usah panik, lagi proses itu sinkronisasi. Tunggu 1 menitan nanti juga konek. Klo tetep stiknya gak mau konek setelah 2 menit solusinya coba tancepin stiknya ke colokan charger ato pc buat mancing biar lampunya mati. Abis itu coba lagi konekin dengan pencet start di aplikas sixaxis terlebih dulu. Lalu baru pencet tombol "PS" di stiknya.

UCIL : Sipp abis dicoba lagi bisa konek nih. Btw, maen ppsspp gimana? kok gak bisa gerak??

Buat PPSSPP kalian masuk dulu ke setting > control > button mapping. Disini kalian atur tombol di PPSSPP agar sesuai dengan yang ada di stik PS3
. Begitupun dengan emulator lain jika mengalamin masalah bisa kalian di settingan masing-masing emulator dan cari menu untuk control mappingnya. Intinya sih tinggal bagaimana kalian mengatur settingannya.

Game yang udah ane tes work dengan stik PS3 yaitu Game emulator (ppsspp,fpse,drastic, dll), Virtua Tennis, Asphalt 8, Beats, serta Riptide GP2.

ヽ(´▽`) ノ
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Idwmenager - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger | Erydjava